Skip to main content

Resep Mantul Donat Tidak Keras saat Dingin namun tetap Lembut dan Renyah dariku

Beberapa minggu belakangan ini, aku menekuni sebuah hobi lama, yap yeah you know from the tittle of this Article, Donuts :). Ini untuk pertama kalinya aku serius akan suatu hal, yeah selain relationship ya :D. Ini bermula dari iseng saja, mau coba resep di IGnya tintinrayer ya kalau ga salah namanya, maaf kalau typo. Akhirnya keterusan sampe sekarang jadi jualan donat :v
Dnk Donut, donat kentangku


Awalnya aku iseng, coba baca resepnya lalu beli resep di warung kelontong sebelah rumahku, kalau gak salah waktu itu beli es dingin, karena di resep bilang pakek air dingin. Nah ibu warung nanyak mau dibuatkan apa, es segelontong yang aku beli seharga 3ribu rupiah itu, aku katakan aku hendak mau buat donat, dia menimpali bertanya, oh donat, bisa buat donat vi? mau enak?, kalau iya besok mesen ya, 20 donat untuk hari raya. Okai siap yg coba buat dulu.

"perjalanan ini berawal dari sini....

Aku coba sesuai resep, ada beberapa bahan yang aku skip, misalkan disuruh butter aku pakai margarin, eh maksudnya diganti, dia saranin tiga telur aku coba dua telur, namun dengan catatan tepungnya aku kurangi lagi dikit, btw di resep disuruh tepung protein tinggi, aku coba juga.
Hasilnya, donatku agak padat meski enak, namun jika sudah dingin dia mengeras, bukankah ini kurang baik :(

Oke selanjutnya aku akan coba benerin di tahap uleni adonan kayaknya kurang terlalu di uleni, jadi aku buat kali ini lebih bagus untuk orderan pertama agar tidak mengecewakan ^^.
Bahannya
Tepung terigu protein tinggi
dua telur kuning telur
1 sendok fermipan
meses ceres
Gula 4 sendok makan
Margarin
sejumput garam
susu cair yang dingin
adonan siap digoreng

Hasilnya enak gurih, cuman ya tetep pas dingin kayaknya agk mengeras, donatnya agak berat.
Namun, yg beli gak komplin dan bilang enak, syukurlah maybe karena topingnya juga enak yak.
Dia juga bilang mau order lagi, unutk hari raya selanjutnya
Aku makin bersemangat dong..
nah sampai orderan yang ketiga kalinya dari dia, aku kehabisan stok meses, dan ditoko juga ga ada, cc toko deket rumahku, karena sudah mepet, aku pakek cokelat DCC yang dilelehkan dengan paksaan, kenapa paksaan, karena aku lelehin pakek air, dicampur air, karena dia ga mau meleleh tanpa air, alamak :(.
dari sini, donat yang aku packaging dalam pelastik cokelatnya kesana kemari setelah geser geser emm, dan ,, dia kapok kayaknya beli, yah aaku tahu dia komplin, di samping itu aku pakek susu strawberry wkwk gara" yg putih ga ada di warung, duh nasib wkwkwk./maklum di desa
waktu donatnya udah rapi packaging tapi belum tersentuh kentang tapi tetep enak kok hehe maksa

lalu aku down, berjeda, karena ngerasa ga ada untungnya juga aku bersusah payah gini toh juga bahan dan hasil jualan gak nutup -_- maafkan ketidak optimasian ku :(.
Tapi ternyata, dia order lagi Ya Tuhan baik banget, tapi dengan catatan, topingnya messes ya jangan cokelat yang dilumerkan itu, terus susu putih jangan yg rasa strawberry. Hehehe peace okai siap laksanakan.

Aku menggebu-gebu lagi buatnya, kali ini tak terpaku pada resep, aku buat sesuai takaran hatiku ciyaelah wkwkw. Aku ganti susu dengan air dingin, bahan terigu aku ganti yang segitiga biru, dah hanya dua bahan itu. Ternyata juga mau ngembang, dan dia cc pembeli menerima. Tapi ada satuhal yang masih membuatku penasaran, bagaimana caranya agar setelah dingin donat tidak mengering.

Entah sudah orderan yang keberapa, dan keluhan keberapa datang karena donatnya saat dingin agak keras, pas aku bawa kekantor juga, temen-temen nyaranin untuk pakai kentang, akhirnya beberapa hari kebelakang ini, aku pake kentang yang udah dihalusin jadi resepnya sama cuman tepung dikurangi dikit, ditambahin kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan, telurnya aku 1 butir kuning telur saja, airnya air mateng saja. dan yipiii berhasil donatnya kalis dan gak keras pas dingin.
Aroma kentang pada donat buat donat lebih wangi yipiii.. makasi yang udah beli dan order berkali-kali :)) Makasi adikku yang libur karena corona jadi tangan kananku yang bantuin aku di dapur, aku bersyukur ada dia, karena saat aku ada orderan di pagi hari dan bangun subuh-subuh dia yang handle goreng donat dan kasi toping, juga bantuin bentukin adonan donat hehe.
ini pakai kentang, kata customerku enak hehe suksma terima kasih

Oh ya aku juga coba resep donatnya tanpa kentang tapiii ditambah bahan yang baru aku tahu buat donat lebih empuk Bread Improver aku tahu info ini dari cookpedia kalau gak salah.
Jadi resepku adalah
Campurkan bahan kering; terigu segitiga biru 2 mangkuk maaf ya takarannya gak pakek gram, karena gak punya timbangan, 1 sdm fermipan atau mauripan, 4 sdm gula pasir, bread improver 1/2 sdm, aduk
Tambahkan kuning telur 1 (dua boleh biar lebih mantul), kentang 1 biji yang sudah dihaluskan, aduk dan uleni sampai tercampur rata sambil di tambahkan air matang hingga adonan kalis

lalu tambahkan 2 sdm margarin boleh 3 sdm, uleni selama 25 menit kurang lebih sampai kalis lagi
Lalu diamkan 30 menit untuk raginya menjadi 2 kali lipat maksudnya adonan hehe
Abis itu  di bentuk bentuk, aku manual ya, oh ya don't forget sarung tangan, aku pakek plastik 1 kgan biasanya.
Abis itu diemin 5-10 menit, baru di goreng di api kecil, dan dibalik sekali aja sampai warnanya jadi kuning cantik.
Sekararang ukurannya aku kecilin segini untuk seribuan gak kayak dulu lagi, baru nimbang bahan dan alat wkwkwk dulu buat karena suka aja ^_^

Pas dingin aku kasi toping deh,,, yipii ::)
Aku harap aku masih bisa tetap usaha donat ini, meski sambil kerja utama, semoga bisa :))
btw donatnya aku jual seribuan satu donat
Kamu mau beli? boleh
atau mau buat sendiri biar lebih nikmat boleh juga
Happy cooking
Thank you everyone :))

Comments

Popular posts from this blog

Scroll Hape Terus Bikin Jemari Kurus

 Oh God... Alat persegi panjang kecil yang lagi ada di genggaman ini jadi pengganti sementara manusia yang sibuk untuk bercengkrama.  Membuka story What's app  Instagram Facebook nyeloteh di Twitter buka shopee tapi kagak belanja mikirin ide jualan tapi gak jual-jualan juga   Ada pesanan cetak photo tapi tydakk ada semangat untuk mengerjakannya.  Setelah semua Apss terbuka, semua story reels IG online store dibuka sampai cek gmail pun meski gak ada email penting yang masuk kek orang penting, akhirnya ibu jari bawa gue ke blog. Nuliss.... Suami lagi kerja, work hard for our dream, dan yang utaman mencukupi kebutuhan gue.  Sedangkan aku feel loneless banget karena kebiasaan berbincang ngobrol sama orang rumah pas waktu single dirumah, dan hal itu gak bisa segampang itu gue lakuin disini. Agak introvert Lama-lama eke...  dan...  dari semua hal gue gak sangka waktu dailynya secepat itu, gue sering stuck pas sudah ketemu malam  yang artinya besok udah harus kerja lagi sampai sore (2p.m)

Pengalaman Menggunakan Wifi Gratis di 3 Fasilitas Publik

Tamnet Kampus Udayana Semakin meleknya masyarakat Indonesia akan pentinya teknologi dan internet demi kecepatan informasi dan komunikasi, membuat Pemerintah juga ikut turut serta mendukung dengan menyediakan Jaringan internet gratis di beberapa ruang publik yang ada di Indonesia, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas khusus ruang publik yang ada di Bali, khususnya yang pernah saya gunakan. Berikut ini tempat-tempatnya; Tempat pertama yaitu Twin Tower di Kota Negara Memilih untuk pergi ke tempat umum yang menyediakan fasilitas jaringan internet wifi gratis memang menjadi andalan saya ketika begitu banyaknya file dokument, video, ataupun update dari aplikasi yang perlu terdownload dan terinstal. Tentunya hal ini memerlukan kuota internet yang tidak sedikit, mengingat kuota internet dengan jumlah puluhan Giga byte cukup mahal bagi kantong saya. Sehingga karena hal ini tak bisa dipungkiri, saya rela untuk pergi ke daerahan Twin Tower di Kota Negara, Jembrana

I Hate Being Lonely

 Jika dilihat kilas balik hidup aku Rasanya penuh dengan perbulyan Atau mungkin perselisihan dengan teman Entah Kenapa . . . Dari sewaktu SD Lalu SMP kemudian SMA hanya sebatas memiliki teman bukan sahabat yang memang dekat sekali . . . dan mungkin di tempat kerja Aku tidak seperti mereka yang gampang berbaur. Entah kenapa aku berubah menjadi introvert kata mereka. . . . Aku lebih menyukai lebih sedikit tapi membawa makna dan arti