Skip to main content

Resep Mantul Donat Tidak Keras saat Dingin namun tetap Lembut dan Renyah dariku

Beberapa minggu belakangan ini, aku menekuni sebuah hobi lama, yap yeah you know from the tittle of this Article, Donuts :). Ini untuk pertama kalinya aku serius akan suatu hal, yeah selain relationship ya :D. Ini bermula dari iseng saja, mau coba resep di IGnya tintinrayer ya kalau ga salah namanya, maaf kalau typo. Akhirnya keterusan sampe sekarang jadi jualan donat :v
Dnk Donut, donat kentangku


Awalnya aku iseng, coba baca resepnya lalu beli resep di warung kelontong sebelah rumahku, kalau gak salah waktu itu beli es dingin, karena di resep bilang pakek air dingin. Nah ibu warung nanyak mau dibuatkan apa, es segelontong yang aku beli seharga 3ribu rupiah itu, aku katakan aku hendak mau buat donat, dia menimpali bertanya, oh donat, bisa buat donat vi? mau enak?, kalau iya besok mesen ya, 20 donat untuk hari raya. Okai siap yg coba buat dulu.

"perjalanan ini berawal dari sini....

Aku coba sesuai resep, ada beberapa bahan yang aku skip, misalkan disuruh butter aku pakai margarin, eh maksudnya diganti, dia saranin tiga telur aku coba dua telur, namun dengan catatan tepungnya aku kurangi lagi dikit, btw di resep disuruh tepung protein tinggi, aku coba juga.
Hasilnya, donatku agak padat meski enak, namun jika sudah dingin dia mengeras, bukankah ini kurang baik :(

Oke selanjutnya aku akan coba benerin di tahap uleni adonan kayaknya kurang terlalu di uleni, jadi aku buat kali ini lebih bagus untuk orderan pertama agar tidak mengecewakan ^^.
Bahannya
Tepung terigu protein tinggi
dua telur kuning telur
1 sendok fermipan
meses ceres
Gula 4 sendok makan
Margarin
sejumput garam
susu cair yang dingin
adonan siap digoreng

Hasilnya enak gurih, cuman ya tetep pas dingin kayaknya agk mengeras, donatnya agak berat.
Namun, yg beli gak komplin dan bilang enak, syukurlah maybe karena topingnya juga enak yak.
Dia juga bilang mau order lagi, unutk hari raya selanjutnya
Aku makin bersemangat dong..
nah sampai orderan yang ketiga kalinya dari dia, aku kehabisan stok meses, dan ditoko juga ga ada, cc toko deket rumahku, karena sudah mepet, aku pakek cokelat DCC yang dilelehkan dengan paksaan, kenapa paksaan, karena aku lelehin pakek air, dicampur air, karena dia ga mau meleleh tanpa air, alamak :(.
dari sini, donat yang aku packaging dalam pelastik cokelatnya kesana kemari setelah geser geser emm, dan ,, dia kapok kayaknya beli, yah aaku tahu dia komplin, di samping itu aku pakek susu strawberry wkwk gara" yg putih ga ada di warung, duh nasib wkwkwk./maklum di desa
waktu donatnya udah rapi packaging tapi belum tersentuh kentang tapi tetep enak kok hehe maksa

lalu aku down, berjeda, karena ngerasa ga ada untungnya juga aku bersusah payah gini toh juga bahan dan hasil jualan gak nutup -_- maafkan ketidak optimasian ku :(.
Tapi ternyata, dia order lagi Ya Tuhan baik banget, tapi dengan catatan, topingnya messes ya jangan cokelat yang dilumerkan itu, terus susu putih jangan yg rasa strawberry. Hehehe peace okai siap laksanakan.

Aku menggebu-gebu lagi buatnya, kali ini tak terpaku pada resep, aku buat sesuai takaran hatiku ciyaelah wkwkw. Aku ganti susu dengan air dingin, bahan terigu aku ganti yang segitiga biru, dah hanya dua bahan itu. Ternyata juga mau ngembang, dan dia cc pembeli menerima. Tapi ada satuhal yang masih membuatku penasaran, bagaimana caranya agar setelah dingin donat tidak mengering.

Entah sudah orderan yang keberapa, dan keluhan keberapa datang karena donatnya saat dingin agak keras, pas aku bawa kekantor juga, temen-temen nyaranin untuk pakai kentang, akhirnya beberapa hari kebelakang ini, aku pake kentang yang udah dihalusin jadi resepnya sama cuman tepung dikurangi dikit, ditambahin kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan, telurnya aku 1 butir kuning telur saja, airnya air mateng saja. dan yipiii berhasil donatnya kalis dan gak keras pas dingin.
Aroma kentang pada donat buat donat lebih wangi yipiii.. makasi yang udah beli dan order berkali-kali :)) Makasi adikku yang libur karena corona jadi tangan kananku yang bantuin aku di dapur, aku bersyukur ada dia, karena saat aku ada orderan di pagi hari dan bangun subuh-subuh dia yang handle goreng donat dan kasi toping, juga bantuin bentukin adonan donat hehe.
ini pakai kentang, kata customerku enak hehe suksma terima kasih

Oh ya aku juga coba resep donatnya tanpa kentang tapiii ditambah bahan yang baru aku tahu buat donat lebih empuk Bread Improver aku tahu info ini dari cookpedia kalau gak salah.
Jadi resepku adalah
Campurkan bahan kering; terigu segitiga biru 2 mangkuk maaf ya takarannya gak pakek gram, karena gak punya timbangan, 1 sdm fermipan atau mauripan, 4 sdm gula pasir, bread improver 1/2 sdm, aduk
Tambahkan kuning telur 1 (dua boleh biar lebih mantul), kentang 1 biji yang sudah dihaluskan, aduk dan uleni sampai tercampur rata sambil di tambahkan air matang hingga adonan kalis

lalu tambahkan 2 sdm margarin boleh 3 sdm, uleni selama 25 menit kurang lebih sampai kalis lagi
Lalu diamkan 30 menit untuk raginya menjadi 2 kali lipat maksudnya adonan hehe
Abis itu  di bentuk bentuk, aku manual ya, oh ya don't forget sarung tangan, aku pakek plastik 1 kgan biasanya.
Abis itu diemin 5-10 menit, baru di goreng di api kecil, dan dibalik sekali aja sampai warnanya jadi kuning cantik.
Sekararang ukurannya aku kecilin segini untuk seribuan gak kayak dulu lagi, baru nimbang bahan dan alat wkwkwk dulu buat karena suka aja ^_^

Pas dingin aku kasi toping deh,,, yipii ::)
Aku harap aku masih bisa tetap usaha donat ini, meski sambil kerja utama, semoga bisa :))
btw donatnya aku jual seribuan satu donat
Kamu mau beli? boleh
atau mau buat sendiri biar lebih nikmat boleh juga
Happy cooking
Thank you everyone :))

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat omelet yang sehat dan enak untuk diet

Omelet merupakan makanan telur dadar yang biasanya ditambahkan sayuran sehat dan keju. Adapun sajian makanan omelet ini sangat cocok disajikan untuk kalian yang lagi menjalani program diet. Makanan omelet merupakan makanan yang kaya akan protein.

Adapun cara membuat omelet yang sehat dan enak untuk diet yaitu : 1.Siapkan sayuran yang segar, missal seperti kul, wortel, seledri, kentang, kacang buncis dsb, 2.Siapkan bahan utamanya yatu telur, disini admin gunakan 1 telur 3.Kemudian garam secukupnya 4.Keju yang diparut 5.Tidak lupa juga margarine atau blueband yang sarat akan vitamin dapat kalian gunakan sebagai minyak untuk menggoreng/mendadar telur (omelet) kalian.
Cara membuatnya sangat praktis, yaitu diantaranya :
Pertama kalian iris tipis-tipis sayuran yang telah kalian siapkan, Kocok telurnya sehingga kuning dan putih tercampur dengan rata tambahkan juga sedikit garam. Panaskan Teflon yang  telah kalian isikan margarine untuk mendadar telor. Setelah Teflon kalian panas, (panasnya sedan…

Tips belajar bahasa korea dengan aplikasi Eggbun

Adanya korean wave membuat semua orang tertarik untuk menguasai bahasa dari negeri gingseng ini. Yups bagaimana tidak, adanya suguhan drama dengan kisah cerita dan aktris maupun aktor yang menarik,  terlebih lagi boyband maupun girlband korea yang telah menjamur dan memiliki fans diberbagai belahan dunia ini  tentunya membuat kita fans'nya ingin fasis dengan bahasa mereka.
Berbagai cara dapat kita lakukan untuk fasis dalam bahasa mereka, mulai dari kursus kalo yang ingin mendalamin benar-benar bahasanya ya. Atau ada yang otodidak hanya dengan mendengar membaca lewat menonton drama koreanya maupun mendengar lagu korea. Nah dari sekian cara yang ada, mungkin salah satu hal ini bisa jadi rekomendasi buat kalian yang tengah ingin fasis/sekedar ingin bisa dan tahu cara membaca/memahami maksud pembicaraan dalam bahasa koreanya. 
Rekomendasinya yaitu dengan belajar via aplikasi pembelajaran bahasa korea yang sudah tersedia begitu banyak di playstore.
Dari sekian banyak aplikasi tentuny…

Aplikasi Comichat untuk Baca komik offline Gratis/free

Baca komik mungkin menjadi Salah satu hobi kalian, atau kalian merupakan komikus sejati yang rela merogoh kocek untuk membeli komik versi cetak, atau bahkan komik online yang sudah menjamur begitu banyak di internet.
Nah bagaimana dengan membaca komik secara offline lewat android kalian? Apa sudah ada yang menemukan aplikasi yang cocok untuk ini?  Untuk kalian yang belum tahu aplikasi ini, kalian perlu menyimak lebih mendalam ulasan Min Kali ini ya.... 
Aplikasi untuk back look secara offline ini yaitu bernama ComiChat. Ada yang sudah Tahu???  Nah aplikasi ComiChat ini di playstore dihadirkan dengan desain yang baik dan nyaman untuk membaca komik. Untuk komik yang berekstensi  .rar ini bisa langsung kalian baca tanpa harus mengekstrak filenya. Nah sayangnya aplikasi ini tidak diberikan secara gratis. T_T. Tapi jangan khawatir. Disini admin akan membagikan aplikasi ini secara gratis alias free untuk kalian. Jadi untuk kalian para pecinta komik bakal bisa baca komik secara offline den…