Skip to main content

Info Kesehatan - Informasi Mengenai Jenis-Jenis Gangguan Menstruasi

Informasi Mengenai Jenis-Jenis Gangguan Menstruasi
Menstruasi

Hai, salam sukses. Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai gangguan-gangguan yang terjadi pada siklus menstruasi yang dialami oleh kaum wanita.
Adapun Bentuk dari gangguan menstruasi yaitu :
  1. Kelainan dalam banyaknya darah dan lamanya perdarahan pada haid yaitu : Hipermenorea atau Menoragia dan Hipomenorea
  2. Kelainan Siklus yaitu : Polimenorea, Oligomenorea, Amenorea
  3. Perdarahan di luar haid : Metroragia
  4. Gangguan lain yang berhubungan dengan haid ini yaitu : Pre menstrual tension (ketegangan pra haid), Mastodinia, Mittelschmerz (rasa Nyeri pada Ovulasi) dan Dismenorea.

Adapun gangguan pada siklus menstruasi tersebut akan kita bahas satu per-satu.
  1. Kelainan dalam banyaknya darah dan lamanya perdarahan pada haid
  • Hipermenorea/Menoragia

Hipermenore atau bisa disebut menoragia merupakan istilah medis untuk perdarahan menstruasi yang berlebihan. Dimana dalam satu siklus menstruasi normal, perempuan rata-rata kehilangan sekitar 30ml darah selama 7 hari haid. Bila perdarahan melampaui 7 hari atau terlalu deras dimana melebihi 80ml, maka dapat dikategorikan menoragia.
Penyebab utama menoragia ini yaitu ketidak seimbangan jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh, ketidakseimbangan tersebut menyebabkan endometrium terus terbentuk. Ketika tubuh membuang endometrium tersebut melalui menstruasi, maka perdarahan menjadi parah. Menoragia bisa juga disebabkan oleh gangguan tiroid, penyakit darah berupa gangguan pembekuan darah, dan peradangan/infeksi pada vagina atau leher rahim.
Adapun gejala dari Hipermenore atau Menoragia ini yaitu Lemas dan letih, dan juga anemia.
  • Hipomenorea

Hipomenorea merupakan perdarahan haid yang lebih pendek dan/atau lebih kurang dari biasanya. Hipomenorea disebabkan oleh karena kesuburan endometrium yang kurang akibat dari kurang gizi, adanya penyakit menahun,mamupun gangguan hormonal.

2.  Kelainan SiklusGangguan menstruasi akibat dari kelainan siklus yaitu :
Polimenorea : merupakan siklus haid yang lebih memendek dari biasa yaitu kurang dari 21 hari, sedangkan untuk jumlah perdarahan relative sama atau lebih banyak dari biasa. Polimenorea merupakan gangguan hormonal dengan umur korpus luteum yang memendek sehingga siklus menstruasi juga menjadi lebih pendek atau bisa disebabkan akibat stadium proliferasi pendek atau stadium sekresi yang pendek dan/atau karena keduanya.
-Oligomenorea merupakan siklus menstruasi yang memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Penyebabnya  yaitu akibat perpanjangan dari stadium folikuller, perpanjangan stadium luteal, akibta dari kedua stadium menjadi panjang, ataupun akibta dari pengaruh psikis,dan pengaruh dari penyakit lainnnya.
-Amenorea : merupakan keadaan dimana tidak datang haid selama 3 bulan berturut-turut.
Adapun klasifikasi dari amenorea yaitu :
    -Amenorea Primer apabila belum pernah datang haid sampai umur 18 tahun.
  -Amenorea Sekunder apabila berhenti haid setelah menarche atau pernah mengalami haid tetapi kemudian berhenti berturut-turut selama 3 bulan.
Penyebabnya Fisiologis yaitu terjadi sebelum pubertas, dalam masa kehamilan, dalam masa laktasi maupun dalam masa menopause, gangguan dari aksi hipotalamus-hipofisis-ovarium, kelainan congenital, gangguan sistem hormonal, penyakit-penyakit lain, ketidakstabilan emosi, maupun kurangnya asupan zat makanan yang memiliki nilai gizi lebih.

3.  Perdarahan di Luar Haid
a. Metroragia merupakan perdarahan yang tidak teratur dan tidak ada hubungannya dengan haid. Klasifikasinya yaitu :
  • Metroragia karena adanya kehamilan seperti abortus incomplete, abortus complete, dan kehamilan ektopik.
  •  Metroragia di luar kehamilan.

Penyebab dari metroragia ini sendiri yaitu :
-          Metroragia diluar kehamilan dapat disebabkan oleh luka yang tidak sembuh.
-          Perdarahan fungsional yaitu :
- perdaraahan anovulatoar disebabkan oleh psikis, neurogen, hypofiser, ovarial (tumor atau ovarium yang polikistik), kelainan gizi, metabolic, penyakit akut maupun kronis.
- perdarahan Ovulatoar akibat korpus luteum persisten, kelainana pelepasan endometrium, hipertensi, kelainan darah dan penyakit akut ataupun kronis.

4. Gangguan lain yang ada hubungan dengan haid
Adapun gangguan lain yang terjadi dan ada hubungannya dengan haid yaitu :
  • Pre Menstrual Tension ( Ketegangan Pra Menstruasi)

ketegangan sebelum haid terjadi beberapa hari sebelum haid bahkan sampai menstruasi berlangsung. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan hormone estrogen dan progesterone menjelang menstruasi. Pre menstrual tension terjadi pada umur 30-40tahun. Gejala klinik dari pre menstrual tension ini yaitu gangguan emosional, gelisah, susah tidur, perut kembung, mual dan muntah, payudara tegang dan terasa sakit, terkadang merasa tertekan. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini yaitu seperti terapi, olahraga, perubahan diet (tanpa garam, kopi, dan alkohol), mengurangi stress, konsultasi dengan tenaga ahli untuk mendapatkan penangan dan informasi dengan baik.
  • Mastodinia atau Mastalgia

Mastalgia merupakan rasa tegang pada payudara menjelang haid. Hal ini disebabakan oleh dominasi hormone estrogen, sehingga terjadi retensi air dan garam yang disertai hyperemia di daerah payudara.
  • Mittelschmerz ( Rasa Nyeri pada Ovulasi )

Mittelschmerz merupakan rasa sakit yang timbul pada wanita saat ovulasi, berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari di pertengahan siklus menstruasi. Hal ini terjadi karena pecahnya folikel Graff. Lamanya bisa beberapa jam bahkan sampai 2-3 hari. Terkadang juga Mittelschmerz diikuti oleh peradangan yang berasal dari proses ovulasi dengan gejala klinis seperti kehamilan ektopik yang pecah.
  • Dismenorea

dismenorea merupakan nyeri sewaktu haid. Dismenorea terjadi pada 30% - 75% wanita dan memerlukan pengobatan. Etiologi dan patogenesis dari dismenorea sampai sekarang belum jelas.
Adapun klasifikasi dari Dismenorea yaitu :
-          - Dismenorea primer (Dismenorea sejati, intrinsic, esensial ataupun fungsional) merupakan nyeri haid yang terjadi sejak menarche (pertama kali menstruasi) dan tidak terdapat kelainan pada alat kandungan. Sebab dari dismenorea primer ini yaitu psikis (konstttitusionil : anemia, kelelahan); (obstetric : servik yang sempit, hyperanteflexio, retroflexio); endokrin (peningkatan kadar prostaglandin, hormone steroid seks, kadar vasopressin tinggi). Etiologi dari Dismenorea yaitu nyeri haid dari bagian perut menjalar ke daerah pinggang dan paah, terkadang disertai dengan mual dan muntah, diare, sakit kepala dan emosi labil. Terapi yang diberikan yaitu psikoterapi, analgetika, ataupun hormonal.

-          - Dismenorea sekunder terjadi pada wanita yang sebelumnya tidak mengalami dismenorea. Hal ini terjadi pada kasus infeksi, mioma submucosa, polip corpus uteri, endometriosis, retroflexio uteri fixate, gynatresi, stenosis kanalis servikalis, adanya tumor ovarium. Terapinya yaitu causal atau mencari dan menghilangkan penyebabnya.
oItu tadi semua ulasan saya mengenai jenis-jenis gangguan pada menstruasi, klasifikasi dari ganggua menstruasi,  tanda dan gejalanya, penyebabnya ini yang perlu kalian ketahui ya ladies ^_^, sekian dari admin semoga bermanfaat ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Scroll Hape Terus Bikin Jemari Kurus

 Oh God... Alat persegi panjang kecil yang lagi ada di genggaman ini jadi pengganti sementara manusia yang sibuk untuk bercengkrama.  Membuka story What's app  Instagram Facebook nyeloteh di Twitter buka shopee tapi kagak belanja mikirin ide jualan tapi gak jual-jualan juga   Ada pesanan cetak photo tapi tydakk ada semangat untuk mengerjakannya.  Setelah semua Apss terbuka, semua story reels IG online store dibuka sampai cek gmail pun meski gak ada email penting yang masuk kek orang penting, akhirnya ibu jari bawa gue ke blog. Nuliss.... Suami lagi kerja, work hard for our dream, dan yang utaman mencukupi kebutuhan gue.  Sedangkan aku feel loneless banget karena kebiasaan berbincang ngobrol sama orang rumah pas waktu single dirumah, dan hal itu gak bisa segampang itu gue lakuin disini. Agak introvert Lama-lama eke...  dan...  dari semua hal gue gak sangka waktu dailynya secepat itu, gue sering stuck pas sudah ketemu malam  yang artinya besok udah harus kerja lagi sampai sore (2p.m)

Pengalaman Menggunakan Wifi Gratis di 3 Fasilitas Publik

Tamnet Kampus Udayana Semakin meleknya masyarakat Indonesia akan pentinya teknologi dan internet demi kecepatan informasi dan komunikasi, membuat Pemerintah juga ikut turut serta mendukung dengan menyediakan Jaringan internet gratis di beberapa ruang publik yang ada di Indonesia, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas khusus ruang publik yang ada di Bali, khususnya yang pernah saya gunakan. Berikut ini tempat-tempatnya; Tempat pertama yaitu Twin Tower di Kota Negara Memilih untuk pergi ke tempat umum yang menyediakan fasilitas jaringan internet wifi gratis memang menjadi andalan saya ketika begitu banyaknya file dokument, video, ataupun update dari aplikasi yang perlu terdownload dan terinstal. Tentunya hal ini memerlukan kuota internet yang tidak sedikit, mengingat kuota internet dengan jumlah puluhan Giga byte cukup mahal bagi kantong saya. Sehingga karena hal ini tak bisa dipungkiri, saya rela untuk pergi ke daerahan Twin Tower di Kota Negara, Jembrana

I Hate Being Lonely

 Jika dilihat kilas balik hidup aku Rasanya penuh dengan perbulyan Atau mungkin perselisihan dengan teman Entah Kenapa . . . Dari sewaktu SD Lalu SMP kemudian SMA hanya sebatas memiliki teman bukan sahabat yang memang dekat sekali . . . dan mungkin di tempat kerja Aku tidak seperti mereka yang gampang berbaur. Entah kenapa aku berubah menjadi introvert kata mereka. . . . Aku lebih menyukai lebih sedikit tapi membawa makna dan arti