Skip to main content

Info Kesehatan - Penyaki Urolithiasis (Batu Saluran Kemih)

Info Penyaki Urolithiasis (Batu Saluran Kemih)
Penyakit Urolithiasis
Urolithiasis atau penyakit Batu Saluran Kemih disebabkan karena adanya batu (kalkuli) di traktus urinarius.
Penyebab dari penyakit Urolithiasis ini, terdapat faktor intrinsiknya yaitu seperti Herediter, umur, jenis kelamin, dan faktor ektrensiknya yaitu keadaan geografi, asupan air yang kurang, diet, maupun pekerjaan.
Tanda dan Gejalanya yaitu :

  • Ketika batu menghambat aliran urin, maka terjadi obstruksi.
  • Infeksi ( pielonefritis dan sistitis yang disertai menggigil, demam dan disuria) dapat juga terjadi dari iritasi batu yang terus menerus. beberapa batu menyebabkan sedikit gejala namun secara perlahan merusak unit fungsional ( nefron ) ginjal.
  • Nyeri yang luar biasa dan ketidak nyamanan.
Patofisiologi dari Urolithiasis

Predisposisi terjadinya penyakit urolithiasis ini yaitu : ketika peningkatankonsentrasi larutan urine akibat dari intake cairan urine yang kurang dan juga peningkatan bahan-bahan organik akibat infeksi saluran kemih atau stasis urine menyajikan sarang untuk pembentukan batu.Supersaturasi elemen urine yaitu seperti  kalsium,  fosfat, oksalat, dan faktor lain mendukung pentukan dari batu tersebut, seperti pH urine yang berubah menjadi asam, jumlah solute dalam urine dan jumlah cairan urine. Masalah-masalah dengan metabolisme pun mempengaruhi pembentukan batu asam urat. Batu asam urat dan batu cystine dapat mengendap dalam urine yang asam.
Adapaun hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah timbulnya urolithiasis ini, ataupun hal yang dapat kita lakukan disaat sudah mengalami penyakit urolithiasis ini yaitu :

  1. Istirahat yang cukup : istirahat yang cukup sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita, maka sesibuk apapun kita sempatkan diri untuk beristirahat ataupun ber'rekreasi kemanapun untuk menyegarkan otak dan pikiran kita.
  2. Perbanyak masukan cairan air putih : air putih sangat banyak manfaatnya untuk tubuh kita, apalagi dengan suhu di Indonesia yang panas, jadi harus diimbangi dengan memperbanyak masukan cairan air putih ya.
  3. Disesuaikan dengan jenis batu, : membatasi jenis batu kalsium seperti ikan teri, bayam, coklat, kacang, teh, strowberry.
Sekian info dari saya mengenai penyakit Urolithiasis ini semoga bermanfaat yah.

Comments

Popular posts from this blog

Scroll Hape Terus Bikin Jemari Kurus

 Oh God... Alat persegi panjang kecil yang lagi ada di genggaman ini jadi pengganti sementara manusia yang sibuk untuk bercengkrama.  Membuka story What's app  Instagram Facebook nyeloteh di Twitter buka shopee tapi kagak belanja mikirin ide jualan tapi gak jual-jualan juga   Ada pesanan cetak photo tapi tydakk ada semangat untuk mengerjakannya.  Setelah semua Apss terbuka, semua story reels IG online store dibuka sampai cek gmail pun meski gak ada email penting yang masuk kek orang penting, akhirnya ibu jari bawa gue ke blog. Nuliss.... Suami lagi kerja, work hard for our dream, dan yang utaman mencukupi kebutuhan gue.  Sedangkan aku feel loneless banget karena kebiasaan berbincang ngobrol sama orang rumah pas waktu single dirumah, dan hal itu gak bisa segampang itu gue lakuin disini. Agak introvert Lama-lama eke...  dan...  dari semua hal gue gak sangka waktu dailynya secepat itu, gue sering stuck pas sudah ketemu malam  yang artinya besok udah harus kerja lagi sampai sore (2p.m)

Nilai bagus di UT dengan rajin mengikuti Tuton (universitas Terbuka)

Kuliah sistem jarak jauh yang saya ikuti ini, berawal karena keinginan kuliah namun harus disinkronkan dengan jadwal bekerja saya. Alhasil saya memilih kuliah di Universitas terbuka ini. Pada saat ini saya baru menginjak semester dua. Menjadi mahasiswa UT, memiliki cerita tersendiri dalam hidup saya (mulai melodrama :-D ) Awal menjadi mahasiswa saya rajin membaca pengalaman orang-orang yang telah sekolah di UT, hal ini penting untuk saya, mengingat semangat saya muncul dari pengalaman mereka yang telah berhasil hehe... Jadi dari sekian pengalaman, kunci untuk mendapatkan nilai bagus itu adalah mereka rajin mengikuti tuton.  Tuton atau toturian online, merupakan cara belajar yang diterapkan kampus UT ini. Jadi nanti kita akan dihubungkan dalam suatu website yang beralamat di elearning.ut.ac .id nah disana nanti para Dosen akan memberikan kita materi kuliah, dan juga evaluasi belajar kita. Pada web tersebut semakin kita aktif ikut diskusi dan juga menjawab soal-soal yang dosen be

I Hate Being Lonely

 Jika dilihat kilas balik hidup aku Rasanya penuh dengan perbulyan Atau mungkin perselisihan dengan teman Entah Kenapa . . . Dari sewaktu SD Lalu SMP kemudian SMA hanya sebatas memiliki teman bukan sahabat yang memang dekat sekali . . . dan mungkin di tempat kerja Aku tidak seperti mereka yang gampang berbaur. Entah kenapa aku berubah menjadi introvert kata mereka. . . . Aku lebih menyukai lebih sedikit tapi membawa makna dan arti