Skip to main content

Info Kesehatan - Penyakit Infeksi saluran kemih ( ISK )

Penyakit Infeksi saluran kemih ( ISK )
Apakah kalian sudah mengenal mengenai penayakit Isk atau infeksi saluran kemih ini? Jika belum kali ini saya akan mengulas mengenai penyakit ISK ini.
ISK
Penyakit ISK atau infkesi saluran kemih merupakan penyakit yang terjadi pada system perkemihan kit,  dimana berkembangnya mikroorganisme di  dalam saluran kemih yang dalam keadaan normal tidak mengandung bakteri, virus ataupun miikroorganisme lain.
Adapun klasifikasi dari ISK ini yaitu :
1. Kandung Kemih (Sistitis)
2. Uretra (Uretritis)
3. Prostat (Prostatitis)
4. Ginjal (Pielonefritis)
Adapun etiologi ataupun penyebab dari adanya penyakit Isk ini yaitu :
·         Jenis –jenis mikroorganisme yang menyebabkan ISK antara lain :
Pseudomonas, Proteus, Klebsiella, Escherichia Coli, Enterobacter, staphylococcus epidemidis, enterococci, dll.
Patofisiologi
·         Adapun patofisiologi dari penyakit ISK ini yaitu:
-          Adanya penyebaran endogen yaitu kontak langsung dari tempat terdekat saluran kemih yang terinfeksi.
-          Hematogen yaitu penyebaran mikroorganisme pathogen yang masuk melalui darah yang terdapat kuman penyebab infeksi saluran kemih yang masuk melalui darah dari suplay jantung ke ginjal.
-          Limfogen merupakan kuman yang masuk melalui kelenjar getah bening yang disalurkan melalui helium ginjal.
-          Eksogen merupakan akibat dari pemakaian alat berupa kateter ataupun sistoskopi.

Adapun tanda dan gejala dari ISK yaitu :

Tanda dan gejala ISK pada bagian bawah yaitu :
-          Nyeri yang sering dan rasa panas saat berkemih
-          Spasame pada area kandung kemih dan suprapubis
-          Hematuria

Tanda dan gejala ISK bagian atas :
-          Demam menggigil,
-          Nyeri pangul dan pinggang
-          Nyeri ketika berkemih
-          Pusing
-          Malaise
-          Mual dan muntah

Adapun pemeriksaan penunjang dari Isk yaitu :
-          Urinalisis
-          Bakteriologis
-          Kultur urine
-          Hitung koloni
-          Metode tes
Itu tadi ulasan mengenai ISK atau infeksi saluran kemih, agar kita terhindar dari penyakit ini dapat kita lakukan dengan membiasakan minum air putih 8-10 gelas/ hari dan juga jangan membiasakan diri unutuk menahan kencing.




Comments

Popular posts from this blog

Scroll Hape Terus Bikin Jemari Kurus

 Oh God... Alat persegi panjang kecil yang lagi ada di genggaman ini jadi pengganti sementara manusia yang sibuk untuk bercengkrama.  Membuka story What's app  Instagram Facebook nyeloteh di Twitter buka shopee tapi kagak belanja mikirin ide jualan tapi gak jual-jualan juga   Ada pesanan cetak photo tapi tydakk ada semangat untuk mengerjakannya.  Setelah semua Apss terbuka, semua story reels IG online store dibuka sampai cek gmail pun meski gak ada email penting yang masuk kek orang penting, akhirnya ibu jari bawa gue ke blog. Nuliss.... Suami lagi kerja, work hard for our dream, dan yang utaman mencukupi kebutuhan gue.  Sedangkan aku feel loneless banget karena kebiasaan berbincang ngobrol sama orang rumah pas waktu single dirumah, dan hal itu gak bisa segampang itu gue lakuin disini. Agak introvert Lama-lama eke...  dan...  dari semua hal gue gak sangka waktu dailynya secepat itu, gue sering stuck pas sudah ketemu malam  yang artinya besok udah harus kerja lagi sampai sore (2p.m)

Pengalaman Menggunakan Wifi Gratis di 3 Fasilitas Publik

Tamnet Kampus Udayana Semakin meleknya masyarakat Indonesia akan pentinya teknologi dan internet demi kecepatan informasi dan komunikasi, membuat Pemerintah juga ikut turut serta mendukung dengan menyediakan Jaringan internet gratis di beberapa ruang publik yang ada di Indonesia, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas khusus ruang publik yang ada di Bali, khususnya yang pernah saya gunakan. Berikut ini tempat-tempatnya; Tempat pertama yaitu Twin Tower di Kota Negara Memilih untuk pergi ke tempat umum yang menyediakan fasilitas jaringan internet wifi gratis memang menjadi andalan saya ketika begitu banyaknya file dokument, video, ataupun update dari aplikasi yang perlu terdownload dan terinstal. Tentunya hal ini memerlukan kuota internet yang tidak sedikit, mengingat kuota internet dengan jumlah puluhan Giga byte cukup mahal bagi kantong saya. Sehingga karena hal ini tak bisa dipungkiri, saya rela untuk pergi ke daerahan Twin Tower di Kota Negara, Jembrana

I Hate Being Lonely

 Jika dilihat kilas balik hidup aku Rasanya penuh dengan perbulyan Atau mungkin perselisihan dengan teman Entah Kenapa . . . Dari sewaktu SD Lalu SMP kemudian SMA hanya sebatas memiliki teman bukan sahabat yang memang dekat sekali . . . dan mungkin di tempat kerja Aku tidak seperti mereka yang gampang berbaur. Entah kenapa aku berubah menjadi introvert kata mereka. . . . Aku lebih menyukai lebih sedikit tapi membawa makna dan arti