Skip to main content

Pemahaman Sederhana tentang Simple Present Tense

Pembelajaran sederhana dari bahasa Inggris adalah tentang Tenses. Ini adalah dasar kalian dalam belajar bahasa inggris tentang kalimat, atau penggunaan kalimatnya. 

Baik, kali ini blog duniaraksa, akan membahas mengenai simple present tense secara lebih jelas dan semoga kalian mengerti. Satu kuncinya adalah belajarlah dengan menerima dengan indah apa yang kalian pelajari, jangan berkata "sulit", "aku tak bisa bahasa inggris", atau "bahasa inggris itu susah" tapi mulailah dengan berkata "aku bisa bahasa inggris", "bahasa inggris itu mudah", "aku suka belajar bahasa inggris", maka percaya otomatis bahasa inggris itupun mudah untuk kalian pelajari. So let's learning with me today. 

Simple Present Tense

A. Kalimat Verbal

Rumus dari kalimat verbal ini adalah :
  • I,You,They,We + infinitive (infinitive adalah kata dasar dari sebuah verb atau kata kerja)
  • He,She,It + infinitive + akhiran -s/-es.
  1. Kalimat berita atau kita sebut "Affirmative"
Contohnya:
I "play" tennis every week
She "plays" tennis every week
They "play" tennis every week
He "goes" to school everyday

Nah dari contoh di atas kalian bisa lihat perbedaanya bukan? Yups, setelah subjek I,You,They,We langsung diikuti dengan kata kerja Infinitive, sedangkan untuk subjek orang ke tiga tunggal yaitu He,She,It maka kata kerja Infinitive ditambah akhiran -s atau -es. Lalu bagaimana cara kita tahu kata kerja infinitivenya menggunakan akhiran -es atau -s. Tenang jangan khawatir, berikut ini ketentuan-ketentuan dalam penambahan akhiran -s atau -es :


  • Kata kerja yang berakhiran -x, -s, -ch, -sh, dan -o akan mendapat tambahan akhiran -es jika subjeknya orang ke-3 tunggal. 
Contohnya:
I pass the exam ~menjadi~ She passes the exam
I fix my bike ~menjadi~ He fixes his bike
You teach English ~menjadi~ Devi teaches English
We go to school ~menjadi~ Devi goes to school
  • Kata kerja yang berakhiran -y yang didahului hurif mati, maka -y diganti dengan -i  lalu ditambahkan -es
Contohnya:
I study English ~menjadi~ He studies English
You fry a fish ~menjadi~ She fries a fish
We try to come ~menjadi~ Devi tries to come
They carry the bag ~menjadi~ Devi carries the bag

  • Kata kerja yang berakhiran -y yang didahului oleh huruf hidup, akan ditambahkan "s" sika subjeknya orang ke 3 tunggal
Contohnya:
I play football ~menjadi~ He plays football
We pray to God ~menjadi~ Devi prays to God
I speak France ~menjadi~ She speaks France
  • Selain ketentuan di atas, pada umumnya akan mendapatkan akhiran "s" jika subjeknya orang ke 3 tunggal.
2. Kalimat Menyangkal (negative)
Kalimat negative dalam bentuk Simple Present dibuat dengan menambahkan kata "not" setelah kata bantu "do"atau "does", dan disingkat menjadi "don't" atau "doesn't".
Contohnya:
I don't play badminton every week
You don't study English everyday
They don't go to work
We don't pass the exam
She doesn't read this book everyday
He doesn't watch TV everyday

3. Kalimat Tanya (interrogative)
Kalimat Tanya dalam bentuk Simple Present dibentuk dengan menempatkan kata bantu "do" atau "does" pada permulaan kalimat.
Contohnya:
Do I play badminton every week?
Do you study English everyday?
Do they go to work?
Do we pass the exam?
Does she read this book everyday?
Does he watch TV everyday?

B. Kalimat Nominal

Kalimat nominal adalah kalimat yang predikatnya berupa kata benda. Kalimat Nominal yaitu kalimat yang berpredikat bukan kata kerja, melainkan berjenis kata benda, kata sifat, kata bilangan, kata ganti, atau kata keterangan. (Sumber: wikibooks.org) 

Rumus kalimat nominal : 

Subjek +am/is/are + selain kata kerja. 


  • Kalimat berita (affirmative)

Contoh:
I am busy at a moment
They are in the library
You are at home
We are students
She is a nurse
He is a teacher


  • Kalimat menyangkal (negative)
Contohnya:
I am not busy at a moment
They are not (aren't) in the library
She is not (isn't) a nurse 

Adapun penggunaan daripada sample present tense adalah:
  1. Untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang terjadi berulang-ulang merupakan kebiasaan yang sampai sekarang masih dilakukan. Contohnya: We go to school everyday. 
  2. Untuk menyatakan sesuatu yang sudah menjadi kebenaram umum. Contohnya: The sun rises in the east and sets in the west.
  3. Untuk menyatakan perintah atau permintaan (untuk orang ke-2). Contohnya; Read your book, please.
  4. Untuk menyatakan kejadian yang telah dijadwalkan/diprogramkan akan dilakukan pada waktu yang akan datang. Contohnya: The train leaves at seven tomorrow morning. 


Oke sekian pembelajaran tentang Pemahaman sederhana simple present tense semoga kalian memahami materi kali ini. 

Comments

Popular posts from this blog

Scroll Hape Terus Bikin Jemari Kurus

 Oh God... Alat persegi panjang kecil yang lagi ada di genggaman ini jadi pengganti sementara manusia yang sibuk untuk bercengkrama.  Membuka story What's app  Instagram Facebook nyeloteh di Twitter buka shopee tapi kagak belanja mikirin ide jualan tapi gak jual-jualan juga   Ada pesanan cetak photo tapi tydakk ada semangat untuk mengerjakannya.  Setelah semua Apss terbuka, semua story reels IG online store dibuka sampai cek gmail pun meski gak ada email penting yang masuk kek orang penting, akhirnya ibu jari bawa gue ke blog. Nuliss.... Suami lagi kerja, work hard for our dream, dan yang utaman mencukupi kebutuhan gue.  Sedangkan aku feel loneless banget karena kebiasaan berbincang ngobrol sama orang rumah pas waktu single dirumah, dan hal itu gak bisa segampang itu gue lakuin disini. Agak introvert Lama-lama eke...  dan...  dari semua hal gue gak sangka waktu dailynya secepat itu, gue sering stuck pas sudah ketemu malam  yang artinya besok udah harus kerja lagi sampai sore (2p.m)

Nilai bagus di UT dengan rajin mengikuti Tuton (universitas Terbuka)

Kuliah sistem jarak jauh yang saya ikuti ini, berawal karena keinginan kuliah namun harus disinkronkan dengan jadwal bekerja saya. Alhasil saya memilih kuliah di Universitas terbuka ini. Pada saat ini saya baru menginjak semester dua. Menjadi mahasiswa UT, memiliki cerita tersendiri dalam hidup saya (mulai melodrama :-D ) Awal menjadi mahasiswa saya rajin membaca pengalaman orang-orang yang telah sekolah di UT, hal ini penting untuk saya, mengingat semangat saya muncul dari pengalaman mereka yang telah berhasil hehe... Jadi dari sekian pengalaman, kunci untuk mendapatkan nilai bagus itu adalah mereka rajin mengikuti tuton.  Tuton atau toturian online, merupakan cara belajar yang diterapkan kampus UT ini. Jadi nanti kita akan dihubungkan dalam suatu website yang beralamat di elearning.ut.ac .id nah disana nanti para Dosen akan memberikan kita materi kuliah, dan juga evaluasi belajar kita. Pada web tersebut semakin kita aktif ikut diskusi dan juga menjawab soal-soal yang dosen be

I Hate Being Lonely

 Jika dilihat kilas balik hidup aku Rasanya penuh dengan perbulyan Atau mungkin perselisihan dengan teman Entah Kenapa . . . Dari sewaktu SD Lalu SMP kemudian SMA hanya sebatas memiliki teman bukan sahabat yang memang dekat sekali . . . dan mungkin di tempat kerja Aku tidak seperti mereka yang gampang berbaur. Entah kenapa aku berubah menjadi introvert kata mereka. . . . Aku lebih menyukai lebih sedikit tapi membawa makna dan arti