Skip to main content

Uang Rupiah yang Rusak Jangan Dianaktirikan, Ayo Tukarkan ke BI Saja !


Tiga jenis Uang rupiah

Rupiah sebagai mata uang Indonesia tentunya begitu akrab ditangan masyarakat. Akrab di sini dalam maksud digunakannya sebagai transaksi keuangan sehari-hari. Mulai dari uang Rupiah untuk berbelanja, membeli beras, bensin, pulsa, atau uang Rupiah untuk menabung. Banyak transaksi keuangan di Indonesia yang berjalan dengan uang Rupiah ini. Kendati demikian uang Rupiah yang digunakan tak jarang uang Rupiah yang sudah seharusnya diganti dan tak layak edar. Misalkan uangnya sudah robek namun dilem kembali dengan lem kertas, lem nasi, atau direkatkan dengan selotip bening. Ada kalanya juga kalian pasti lebih memilih untuk membelanjakan Rupiah yang sudah rusak dan bahkan tercorat-coret dengan tulisan daripada membelanjakan Rupiah yang masih baru, dan kenceng bukan. Nah, menganak tirikan Rupiah yang rusak ini tentunya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, mengingat Rupiah merupakan mata uang resmi Indonesia yang sepatutnya kita jaga dan pergunakan dengan baik dan bijak. 

Disamping itu juga, menggunakan uang Rupiah yang robek, dan dilem sana sini terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri kita untuk menggunakan uang tersebut. Mengapa demikian, hal ini karena kita takut dan ragu akan diterima atau tidak uang Rupiah yang rusak tersebut. Ada keraguan dan pertanyaan yang muncul seperti, diterima enggak ya uangnya sama tukang baksonya?, diterima enggak ya uangnya jika saya belanjakan di minimarket? Nah, dengan sekumpulan keraguan, kurangnya rasa percaya diri untuk menggunakan uang Rupiah yang rusak, atau jika masih tetap juga menggunakan dan menganaktirikan uang Rupiah yang rusak, maka dari sekarang STOP untuk menggunakannya dalam transaksi keuangan kalian. Lalu apa yang harus dilakukan? Apa harus uang Rupiah yang rusak dibuang begitu saja? Tidakkah merugi jika uang Rupiah yang rusak dibuang begitu saja?

Jangan risau dulu, jika uang Rupiah kalian sudah rusak dan tak layak edar maka solusinya yaitu tukarkan uang Rupiah tersebut ke Bank Indonesia. Bank Indonesia sebagai bank yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang Rupiah serta mencabut, menarik, dan memusnahkan uang dari peredarannya ini tentunya mengupayakan agar uang Rupiah yang beredar memiliki kualitas yang baik, sehingga bagi masyarakat yang memiliki uang yang sudah lusuh, rusak dan tak layak edar dapat segera menukarkannya ke Bank Indonesia setempat.

Adapun untuk syarat penukarannya yaitu:
  1. Untuk uang lusuh dan cacat yang ditukarkan mendapat penggantian sebesar nilai nominal yang ditukarkan sepanjang uang Rupiah tersebut dapat dikenali keasliannya.
  2. Untuk uang rusak, yang mendapat penggantian sesuai nilai nominalya yaitu jika uang kertas, fisik uang kertas >2/3 ukuran aslinya dan ciri uang dapat dikenali keasliannya. Kemudian uang rusak masih merupakan suatu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap dan >2/3 ukuran aslinya serta ciri uang dapat dikenali keasliannya. Atau uang rusak tidak merupakan satu kesatuan, tetapi terbagi menjadi paling banyak 2 bagian terpisah dan kedua nomor seri pada uang rusak tersebut lengkap dan sama serta >2/3 ukuran keasliannya dan ciri uang dapat dikenali keasliannya.

Dengan syarat penukaran seperti yang dijelaskan di atas maka bagi kalian yang memiliki uang rusak, dilem sana sini, dicorat-coret, intinya sudah tak layak edar, STOP menggunakannya untuk belanja, membayar, membeli atau apapun itu kegiatan transaksi keuangan kalian, dan segera tukarkan ke Bank Indonesia lalu dapatkan uang Rupiah yang baru, kenceng, tanpa lem, atau coretan sana sini. Nah tentunya jika kalian menggunakan uang Rupiah yang baru tentunya jiwa semangat dan percaya diri untuk menggunakannya akan bertambah bukan. Selain itu tindakan menukarkan uang Rupiah yang tak layak edar merupakan wujud kalian cinta akan Rupiah, cinta akan Tanah Air Indonesia. Hal ini memang sederhana, namun besar dampaknya bagi Negara kita, Indonesia.

Sesudah kalian membaca artikel ini, jangan dipendam sendiri. Ayo mulai sebarluaskan kepada tetangga, sanak saudara, ayah, ibu siapapun itu yang kalian ketahui masih menggunakan uang Rupiah yang rusak, robek, ada coretan, dan dilem sana sini, untuk segera STOP menggunakannya, dan segera untuk menukarkannya ke Bank Indonesia setempat.
Salam #Cintarupiah


Referensi

http://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/instrumen/mekanisme-penukaran/Documents/PANDUANPENUKARANUANGTIDAKLAYAKEDAR1.pdf

http://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/instrumen/mekanisme-penukaran/Contents/Default.aspx

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat omelet yang sehat dan enak untuk diet

Omelet merupakan makanan telur dadar yang biasanya ditambahkan sayuran sehat dan keju. Adapun sajian makanan omelet ini sangat cocok disajikan untuk kalian yang lagi menjalani program diet. Makanan omelet merupakan makanan yang kaya akan protein.

Adapun cara membuat omelet yang sehat dan enak untuk diet yaitu : 1.Siapkan sayuran yang segar, missal seperti kul, wortel, seledri, kentang, kacang buncis dsb, 2.Siapkan bahan utamanya yatu telur, disini admin gunakan 1 telur 3.Kemudian garam secukupnya 4.Keju yang diparut 5.Tidak lupa juga margarine atau blueband yang sarat akan vitamin dapat kalian gunakan sebagai minyak untuk menggoreng/mendadar telur (omelet) kalian.
Cara membuatnya sangat praktis, yaitu diantaranya :
Pertama kalian iris tipis-tipis sayuran yang telah kalian siapkan, Kocok telurnya sehingga kuning dan putih tercampur dengan rata tambahkan juga sedikit garam. Panaskan Teflon yang  telah kalian isikan margarine untuk mendadar telor. Setelah Teflon kalian panas, (panasnya sedan…

Tips belajar bahasa korea dengan aplikasi Eggbun

Adanya korean wave membuat semua orang tertarik untuk menguasai bahasa dari negeri gingseng ini. Yups bagaimana tidak, adanya suguhan drama dengan kisah cerita dan aktris maupun aktor yang menarik,  terlebih lagi boyband maupun girlband korea yang telah menjamur dan memiliki fans diberbagai belahan dunia ini  tentunya membuat kita fans'nya ingin fasis dengan bahasa mereka.
Berbagai cara dapat kita lakukan untuk fasis dalam bahasa mereka, mulai dari kursus kalo yang ingin mendalamin benar-benar bahasanya ya. Atau ada yang otodidak hanya dengan mendengar membaca lewat menonton drama koreanya maupun mendengar lagu korea. Nah dari sekian cara yang ada, mungkin salah satu hal ini bisa jadi rekomendasi buat kalian yang tengah ingin fasis/sekedar ingin bisa dan tahu cara membaca/memahami maksud pembicaraan dalam bahasa koreanya. 
Rekomendasinya yaitu dengan belajar via aplikasi pembelajaran bahasa korea yang sudah tersedia begitu banyak di playstore.
Dari sekian banyak aplikasi tentuny…

Aplikasi Comichat untuk Baca komik offline Gratis/free

Baca komik mungkin menjadi Salah satu hobi kalian, atau kalian merupakan komikus sejati yang rela merogoh kocek untuk membeli komik versi cetak, atau bahkan komik online yang sudah menjamur begitu banyak di internet.
Nah bagaimana dengan membaca komik secara offline lewat android kalian? Apa sudah ada yang menemukan aplikasi yang cocok untuk ini?  Untuk kalian yang belum tahu aplikasi ini, kalian perlu menyimak lebih mendalam ulasan Min Kali ini ya.... 
Aplikasi untuk back look secara offline ini yaitu bernama ComiChat. Ada yang sudah Tahu???  Nah aplikasi ComiChat ini di playstore dihadirkan dengan desain yang baik dan nyaman untuk membaca komik. Untuk komik yang berekstensi  .rar ini bisa langsung kalian baca tanpa harus mengekstrak filenya. Nah sayangnya aplikasi ini tidak diberikan secara gratis. T_T. Tapi jangan khawatir. Disini admin akan membagikan aplikasi ini secara gratis alias free untuk kalian. Jadi untuk kalian para pecinta komik bakal bisa baca komik secara offline den…