Skip to main content

Info Kesehatan - Penyakit Kanker Serviks

Info penyakit Kanker Serviks

Penyakit Kanker Serviks

Kali ini saya akan membagi informasi kepada kalian semua mengenai penyakit kanker serviks ini.
Kanker Serviks atau yang disebut juga dengan kanker mulut rahim merupakan salah satu penyait kanker yang paling banyak ditakuti oleh kaum perempuan. Data dari WHO mencatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian di dunia. Namun uji PAP SMEAR telah menurunkan angka kematian akibat kanker serviks ini.

Stadium Kanker Servik
Adapun stadium dari kanker servik yaitu :
  1. Stadium 0        : Karsinoma in situ
  2. Stadium 1        : terbatas pada uterus
  3. Stadium 2        : menyerang luar uterus tapi tidak sampai pada dinding pelvis
  4. Stadium 3        : meluas kedinding pelvis dan sepertiga bawah vagina
  5. Stadium 4        : menyerang mukosa kandung kemih atau rectum atau meluas ke luar pelvis

Penyebab Kanker Servik
  1. Human Papiloma Virus (HPV)       : HPV merupakan penyebab dari adanya kanker serviks. Terdapat lebih dari 138 varian HPV, namun hanya 4 tipe yang telah diketahui secara positive mengganggu alat reproduksi manusia. Adapun HPV 16 dan HPV 18 telah dinyatakan positif menyebabkan hampir dari 70% kasus kanker leher rahim. Virus HPV atau Human Papiloma Virus ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual.
  2. Herpes Simplek Virus (HSV)         : virus HSV yang menjadi penyebab dari kanker serviks ini terdapat dua jenis yang dikenal dalam pembentukan sel kanker, meskipun bukan menjadi penyebab utama tetapi dapat memicu kerusakan sel.
  3. Kebiasaan Merokok            : tentunya kalian sudah mengetahui bahwa merokok itu sangat berbahaya untuk kesehatan kita. Untuk wanita perokok sangat dimungkinkan untuk memiliki resiko dua kali lipat lebih besar mengidap kanker serviks. Penelitian mengungkapkan zat Polycyclic aromatic hydrocarbon, dapat menyebabkan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi virus.kandungan nikotinnya didalam lender servik meningkatkan daya reproduksi sel Squamous intraephitelhelial lesion, jenis sel yang dikenal berpotensi bermutasi menjadi sel kanker yang ganas.
  4. Usia             : kanker serviks berpotensi paling besar diusia antara 35-55 tahun
  5. Paritas         : pada kasus wanita yang melahirkan lebih dari dua kali dan dengan jarak yang terlalu dekat dapat menjadi penyebab adanya penyakit kanker serviks ini.
  6. Hubungan Seksual  : untuk wanita yang melakukan hubungan seksual secara aktif sebelum usia 17 tahun, tentunyaakan memiliki 3 kali lebih besar mengidap kanker rahim, karena hubungan seksual yang terlalu dini dapat mempengaruhi pada kerusakan jaringan epitel servik.
  7. Multipartner Seks    : hubungan yang multipartner seks ini tentunya sangat memiliki potensi penularan yang tinggi. Virus HPV dapat ditularkan melalui hubungan seksual baik normal maupun oral.


Faktor resiko Ca Servik
  1. Makanan
  2. Pemakaian antiseptic di vagina        : antiseptic dapat membunuh bakteri di vagina, termasuk bakteri yang baik dan dapat menyebabkan iritasi jika pemakaian yang sering.
  3. Obat DES (Diethylstilbestrol)        : obat DES yang merupakan obat penguat kehamilan untuk mencegah keguguran dapat menjadi faktor resiko dari Ca Servik


Tanda dan Gejala Ca Servik
Tidak ada tanda yang spesifik dari Ca servik ini namun dapat menyebabkan perdarahan vagina yang abnormal pacsa koitus, metrorargia, hematuria, dispareunia, nyeri daerah panggul, hipermenore,perdarahan pada menopause, perdarahan disertai anemia, BB menurun, anoreksia, nyeri sendi.
Deteksi Ca Servik
Adapun untuk mendeteksi adanya Ca servik ini dapat dilakukan dengan :
  1. Pap Smear   : test ini bisa dilakukan pada wanita yang aktif melakukan hubungan seksual, rutin dilakukan setahun sekali. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara pengambilan lendir serviks.  Pap Smear dilakukan pada saat masa subur dan tidak melakukan hubungan seksual sebelumnya
  2. IVA  ( Inspeksi Visual Asam Asetat )       : test IVA dilakukan dengan cara mengolesi serviks dengan asam asetat. Kondisi keasaman lender dipermukaan mulit rahim yang telah terinfeksi oleh sel prakanker akan berwarna putih yang menunjukan ke abnormalan. Dan apabila hasil tes menunjukan hasil positif, maka pemeriksaan akan dilanjutkan ke pemeriksaan biopsy (Pap Smear)
  3. Koloskopy   : pemeriksaan Koloskopy dilakukan jika sudah diduga adanya Ca servik. Tindakan ini dilakukan dengan cara memasukan mikrokamera ke dalam mulut vagina untuk mengambil gambar rahim yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan dari kanker. Pemeriksaan koloskopy mampu melihat abnormalitas pembuluh darah, peradangan, pengerutan jaringan servik, ataupun bercak putih servik.


Sekian info dari saya, semoga bermanfaat. Agar terhindar dari penyakit yang perlu dilakukan yaitu jaga kondisi kita dengan baik ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat omelet yang sehat dan enak untuk diet

Omelet merupakan makanan telur dadar yang biasanya ditambahkan sayuran sehat dan keju. Adapun sajian makanan omelet ini sangat cocok disajikan untuk kalian yang lagi menjalani program diet. Makanan omelet merupakan makanan yang kaya akan protein.

Adapun cara membuat omelet yang sehat dan enak untuk diet yaitu : 1.Siapkan sayuran yang segar, missal seperti kul, wortel, seledri, kentang, kacang buncis dsb, 2.Siapkan bahan utamanya yatu telur, disini admin gunakan 1 telur 3.Kemudian garam secukupnya 4.Keju yang diparut 5.Tidak lupa juga margarine atau blueband yang sarat akan vitamin dapat kalian gunakan sebagai minyak untuk menggoreng/mendadar telur (omelet) kalian.
Cara membuatnya sangat praktis, yaitu diantaranya :
Pertama kalian iris tipis-tipis sayuran yang telah kalian siapkan, Kocok telurnya sehingga kuning dan putih tercampur dengan rata tambahkan juga sedikit garam. Panaskan Teflon yang  telah kalian isikan margarine untuk mendadar telor. Setelah Teflon kalian panas, (panasnya sedan…

Tips belajar bahasa korea dengan aplikasi Eggbun

Adanya korean wave membuat semua orang tertarik untuk menguasai bahasa dari negeri gingseng ini. Yups bagaimana tidak, adanya suguhan drama dengan kisah cerita dan aktris maupun aktor yang menarik,  terlebih lagi boyband maupun girlband korea yang telah menjamur dan memiliki fans diberbagai belahan dunia ini  tentunya membuat kita fans'nya ingin fasis dengan bahasa mereka.
Berbagai cara dapat kita lakukan untuk fasis dalam bahasa mereka, mulai dari kursus kalo yang ingin mendalamin benar-benar bahasanya ya. Atau ada yang otodidak hanya dengan mendengar membaca lewat menonton drama koreanya maupun mendengar lagu korea. Nah dari sekian cara yang ada, mungkin salah satu hal ini bisa jadi rekomendasi buat kalian yang tengah ingin fasis/sekedar ingin bisa dan tahu cara membaca/memahami maksud pembicaraan dalam bahasa koreanya. 
Rekomendasinya yaitu dengan belajar via aplikasi pembelajaran bahasa korea yang sudah tersedia begitu banyak di playstore.
Dari sekian banyak aplikasi tentuny…

Aplikasi Comichat untuk Baca komik offline Gratis/free

Baca komik mungkin menjadi Salah satu hobi kalian, atau kalian merupakan komikus sejati yang rela merogoh kocek untuk membeli komik versi cetak, atau bahkan komik online yang sudah menjamur begitu banyak di internet.
Nah bagaimana dengan membaca komik secara offline lewat android kalian? Apa sudah ada yang menemukan aplikasi yang cocok untuk ini?  Untuk kalian yang belum tahu aplikasi ini, kalian perlu menyimak lebih mendalam ulasan Min Kali ini ya.... 
Aplikasi untuk back look secara offline ini yaitu bernama ComiChat. Ada yang sudah Tahu???  Nah aplikasi ComiChat ini di playstore dihadirkan dengan desain yang baik dan nyaman untuk membaca komik. Untuk komik yang berekstensi  .rar ini bisa langsung kalian baca tanpa harus mengekstrak filenya. Nah sayangnya aplikasi ini tidak diberikan secara gratis. T_T. Tapi jangan khawatir. Disini admin akan membagikan aplikasi ini secara gratis alias free untuk kalian. Jadi untuk kalian para pecinta komik bakal bisa baca komik secara offline den…